Make your own free website on Tripod.com

Menulusuri jejak Sunnah - Firqotun Najiyah

Biografi
Home | Thibbun An Nabawi | Link | Mengenal Ulama | Artikel Umum | Referensi | Aqidah | Firqah baru | Fiqih | Hadits | Sejarah | Sholat Kita | Informasi

Biografi

 

1. Nama

 

Sejak terlahir saya sudah mengemban nama yang begitu bagus pada dasarnya ,Namun mungkin karena kebodohan saya juga, hingga pada ahirnya baru faham maknanya dikala dewasa sekarang ini.

Berasal dari kata Fataha yang berarti Buka dan Alama yang berarti Ilmu hingga jadilah sebuah susunan Miftahul Ulum. Itu bisa juga di artikan Kuncinya Ilmu ,(selain ini kayaknya ga bisa deh,.) ,tuhhh,....Keren banget kan ???(Belom apa-apa dah PD gini) .Bukanya arti disini  semau menerjemahkan sendiri,. namun sudah pembawaan dari nahwu sorofnya yang sudah ada kaidah itu sejak zaman sahabat Ali bin abu Thalib sana.Jadi ilmu nahwu sorof itu ya begitu,...mesti tau bentuk wazan dan sighotnya kalo bahasa indonesia nya itu apa yah bentuk waktu dan pelakunya kira- kira begitulah.Dahulu konon nama itu bukan miftahul ulum, kabarnya Imam sahro,Karena mungkin saat sering sakit-sakitanya aku, maka nama di ganti saja kali sama ortu, dengan nama yang sekarang ini saya pakai.

Tapi kehadiran di muka bumi sepertinya tak sesuai dengan nama yang ku pegang nih,.....Konon juga nama yang saya pakai sekarang ini yang ngasih pak Dokter yang menyelamatkan nyawaku.Dugh,........Nama saja sejarahnya bersebrangan gini.Gapapa dah yang penting Orangnya atuhhh,..Hihihihi,!!!

 

2. Kelahiran

 

Terlahirkan di kota Jember tepatnya pada tanggal 11 maret 1982 sebagi awal perjalan hidupku.Tapi  besar bukan di tanah kelahiran.Malah besar dan tumbuh gede di Kediri kota yang terkenal penghasil tahu itu.Pindah kediaman dikala berumur kira-kira 2 tahun.Tidak ingat dan tidak tahu menahu apa-apa di waktu itu,karena saat itu sering sakit-sakitnya diri ini,bahkan nyawapun hampir melayang.Tuh ngeri kan episode perjalan hidupku,..!!Berkat perjuangan gigih ibu kesulitan demi kesulitan ahirnya tuntas juga segala urusan .terima kasih Ibu....!!! Padahal saat itu dokter telah menvonis Ibu, bahwa harapan untuk hidup kemungkinan sangat kecil sekali,(kok aku jadi takut juga yah,.)alias koma,tapi ibuku memang tak kenal lelah dan tak lekas menyerah.Walaupun rumah sakit jember lumayan jauh juga saat itu,terus lagi kesulitan transportasi membawa kesononya juga tak ada. Ahirnya,. nggak tau bagaimana nyampenya juga.Singkatnya, Ketika setelah sembahyang dzuhur ibuku gembira sekali setelah dokter mengatakan bahwa oprasi bedah telah di laksanakan dengan lancar dan akupun tentunya sudah baikkan.Ada sisi cerita menarik saat itu ,aku yang masih belum bisa apa-apa,setelah habis di oprasi keluargaku dikejutkan dengan jalanya aku keluar dari kamar.dan langsung bilang minta air .Tutur kakak

 

3. Masa kecil hingga Remaja

 

Masa-masa kecil telah habis dan terlewati di kampung halamanku Kediri.Masa -masa pra sekolah aku tak ingat apa-apa,nggak tahu kenapa....!Umur 5 tahun mulai masuk ke jenjang sekolah(TK),Saat itu langsung duduk di kelas nol B dan ternyata setelah satu tahun berlalu, nyali belom juga muncul yah apa boleh buat ,,bertelur dech....di situ...! Keberanian sebagai alasan untuk tidak masuk SD, ahirnya tinggal di kelas nol B 2tahun.

Umur 7 tahun masuk SD Unggulan(wuah.....?mulai gombal nih...) didaerah ku.sejak itulah mulai belajar dengan sungguh-sungguh ,di bawah pengawasan ibu.Dan hasil nya pun lumayan cemerlang (weeeeeeks...nggak usah sirik...)mampu ranking 3 pararel saat itu ,padahal saingan begitu pintar-pintar dan jenius(anak pak lurah tuh njengkelin banget).Duduk di kelas tiga prastasi saya mulai anjlok (syukurin...,)saat itu bergaul dengan anak-anak yang malas belajar dan hanya bermain saja dan ibu melepaskan dari pengawasanya .kelas 6 agak membaik tapi saat itu ada gangguan pikiran, yakni meninggal nya adikku Umi wardatus solihah. Ahirnya tak bisa menembus 3 besar dalam ujian ebtanas, sayang .....,sangat di sesalkan(ngapain pula nyesel emang kadarnya segitu..?)Mulai kelas 3 begitu lepas kontrol sehingga hanya bermain saja, begitu hitam dan blepotan sehingga di diskriminasi oleh paman dan tante2 yah. Hidup mah ya begitu itu..karena memang keluarga ibu suka mendiskriminasi .Aku dan kakak ku begitu terkucilkan,tapi itu dulu beda dengan sekarang.Allah telah memberi berkah serta hidayah pada keluargaku sehingga ame futte ji katamaru (pepatah jepang)-setelah turun hujan datanglah cuaca yang menyenagkan,,,. turun juga.sekarang segala ketabahan telah mampu membalik keadaan hingga 360 derajat (Loh,..  lak kembali lagi donk.hihihi 180 maksudnya .)Kenapa tidak dari dulu hidayah ini turun yah??.(Mana kutahu kok malah tanya aku)

 

 

Saat duduk dibangku SMP , aku habiskan di MTsN 2 Kediri , masih sering bermain dan malas belajar.dan hasilnya pun masih belum memuaskan (salahnya sendiri...).Kelas 1 lumayan bagus, kelas 2 merosot drastis kelas 3 membaik dikit,tapi tak sebagus kelas 1.Berangkat dan pulang sekolah dengan sepeda gigi ,walaupun lumayan jauh  sekitar 12 km dengan waktu tempuh kira-kira 25 menitan,tapi mesti bagaimana lagi, nggak ada alternatif lain.Punya banyak sahabat di MTS ,banyak berkembang baik tentang ilmu,kedewasaan maupun pergaulan,Setelah lulus, Pengen masa SMA ,saya habiskan di MAN 3 Kediri (unggulan) ,namun  di sisi keluarga kurang sepakat (kakak dan ibu).Keluarga ingin aku duduk di SMKN 1 Kediri(STM) .Harus gimana lagi....orang tualah yang lebih tau tentang baik dan buruknya jenjang pendidikan saya fikir,Ahirnya SMKN 1 Kediri adalah karier masa remaja ku,hehehheh.Tapi di STM saya tidak begitu enjoy entah pelajaranya atau siswa-siswanya.Maaf yah kawan,Saya kurang begitu cocok dengan sobat-sobat ku ,karena mungkin jalan pemikiran saya berbeda kali ya..."!tau lah pokoknya nggak ngerti kenapa..? .Dan STM bukan impianku kali,...Jadi kayaknya mungkin akan lebih baik jika saya go to go ke pesantren aja...!mungkin disana lebih cocok saya kira hehehhee...obat kepala apa emangnya..! dan kabur juga ahirnya ke pondok.. saat itu juga saya kesusahan soalnya..!untuk pergi dan pulang sekolah ,karena krisis moneter sudah mulai melanda saat itu pada ahirnya kendaraan yang biasa saya naiki tiap hari di jual.

 

Sejak itulah pula menemukan banyak arti dan kebahagian. walaupun waktu untuk santai, bareng-bareng sangat sedikit sekali(rasain...!!).

Gimana tidak coba,.!!! bangun jam 4 pagi terus solat jamaah shubuh dilanjutkan ngaji bersama mbah yai sampai jam 6, jam 6 mandi dan langsung bergegas menuju sekolahan.Sampe tidak pernah sarapan pagi,sarapan jam 10 siang(wuiiiiiih lapernya kalo dah pelajaran fisika kimia,,...) . pulang jam 1.30 terus solat dzuhur lalu tidur siang(bentar ajah kok,,,),Jam 3 bangun dan harus cepat-cepat mandi ,solat ashar terus pergi ke Agnes untuk mengikuti kursus bahasa inggris.jam 6  pulang dan cepat -cepat ke warung nasi untuk dapatin nasi bungkusan karena keburu habis(wuahhhhh beli aja pake antree gini,,,tapi banyak yang nyatet alias bon,,apalagi kalo udah tanggal tua belom ada kiriman. hehe...).Jam 6.15 malam harus solat jamaah maghrib bersama-sama yang di pimpin oleh mbah yai,terus baca alquran trus langsung ganti pakaian dan menuju sakolah Madrasah diniyah malam(mampir dulu nongkrong di kantien .kadang2 looo).jam 8.30  pulang terus solat isya berjamaah terus ambil kitab dan buku yang akan di pelajari besok(weeeeeeeks sok serius ...belajar juga kagak..).Jam10.30 teman /kakak-kakak senior yang aliyah sudah pada pulang,sehingga nggak bisa berkonsentrasi karena mereka selalu berisik dan mengganggu terpaksa harus ngobrol bareng-bareng(enak lagi...).Setelah itu terkadang nyuci pakaian harus dikerjakan karena saat malam hari ,bak /ember lagi nggak ke pakai,jadi siap 2 tempur melawan air dingin ,,dan sebelumnya saya harus menelusuri kamar-kamar untuk mencari hanger waduh2,....harus pake taktik atuuh ,,,! nihnyuci aja pakai antri hanger dan ember segala ..tapi asyik Euy,.....!!! banyak kenangan nya...

 

.

Pas Hari minggu ,tepatnya di pagi hari saya sempatkan untuk jualan koran.Sebenarnya itu mulanya iseng dan pengen tahu bagaimana rasanya mencari uang. Eh ..ternyata enjoy dan asyik juga ,ahirnya tiap minggu pagi jualan koran(ngloper koran,,,lah......) merupakan activitas jika tak ada pertandingan bola atau acara dengan kawan2/keluarga ,setelah itu aku kadang-kadang pulang kerumah atau ke rumah budhe Jun,satu-satunya budhe yang menyayangi aku.

 

 

Di pondok Al-Islah inilah aku menemukan  kedamaian ,ketentraman, kebahagiaan,ketekunan,kemandirian dan banyak hal lainya. Aku dapatkan banyak sahabat entah dari kawan yang sederajat,mahasiswa,atau yang menuntut ilmu salaf.Aku sering di takjir /di hukum karena sering melanggar aturan.Pernah juga di lucuti itu pakaian saya(hanya pake sarung doank..dingin oiiii...)dan di suruh berdiri didepan menghadap ke arah peserta jamiyah,di saat sedang jamiyah kubra.(pertemuan besar) lalu di suruh push up 40 kali(wuah cuaaapek n malu banget...).karena aku telah nonton bola keluar saat tengah malam dan meloncat tembok belakang,,hehhe cari jalan pintas.. malu sekali jadi tontonan jamiyah yang hadir,tapi ada dampaknya ,semenjak kejadian itu aku dan kawanku syamsul anak tegal jadi terkenal di pondok,semua santri tahu siapa aku dan syamsul .aku selalu tersenyum ketika aku ingat kejadian itu(samsul ,..kok ada to orang kayak kamu..trus ngapain juga kamu ngajak loncat tembok saat itu..?Duasar,.).kenangan yang paling tak terlupakan .Semenjak itu pula kakak -kakak senior selalu ngajak jalan denganku. sampe-sampe di ajak ngamen di perumahan candra kirana.kali ini iseng nya keterlaluan banget.Mulai sejak inilah aku berjanji (bisa nggak ya..?) meng akhiri atas iseng-isengku yang seharusnya tak perlu kulakukan.karena kelak nanti aku akan mendapatkan ganjaran atas perbuatanku.

 

Kadang aku merasa malu,ketika kawan-kawan sudah membahas/membicarakan masalah kitab dan nahwu ,karena diantara kawan-kawan ku akulah yang paling baru otomatis kitab dan nahwuku paling rendah ,(WUAAH...capek nih kalo musti di ceritaian...), sebenarnya aku mau menuangkan kisah-kisah ku saat sekolah maupun dipondok namun tak cukup bila ku tuangkan dalam page ini.

 

Beranjak Gede loper tersesat di Nagasaki,,,gimana sih critanya per..?

Mau tau???

Tau aja sendiri,,,hehehheehhe..capek aku ngomongin diriku sendiri,,,!!!

 

4. Cita-cita

 

Di saat-saat masih TK hingga kelas 3 SD, belum punya cita-cita,kelas 4 SD punya cita-cita ,ingin menjadi pemain sepakbola terkenal karena saat itu aku lagi senang-senang nya main bola.Sampai sekarang pun sebenarnya masih suka,tapi aku kan sudah mikir mana yang bermanfaat dan mana yang tidak.Aku jadi ingat di gebukin ustazd gara-gara main bola sampe sore(waduh apesnya di gebukin.....sakitnya itu..),dan ini terjadi sampe kedua kali sampe aku dipermalukan di depan para murid-murid TPA saat aku di eksekusi,kali ini aku kecewa banget karena aku di kekang seperti peraturan pemerintah,bukankah kebebasan memeluk agama dan menjalankan ibadah di lindungi negara.(tau itu gila kali ustadnya ......!diktator) Padahal itu TPA ada banyak faham penyimpanganya jadi sebagai alasan pulalah kenapa aku tidak gabung kesana setelah dewasa .Aku tak akan pernah bergabung denganTpa nailul muna,walaupun berkali-kali kawan yang dulu telah memintaku untuk menjadi ustazd di sana, Yah terpaksa harus baik-baik menjelaskan tentang keberatan saya ngajar kesana,Maaf !!! kejadian itu masih tak terlupakan,seperti trauma yang berkecamuk.terserah kalian bilang apa toh buktinya aku masih demikian.(sebenarnya aku sadar bahwa ini nggak baik..!tapi aku begitu berat untuk melupakanya) Sekarang ada alasan aku untuk menolaknya .Lantaran TPA itu ada Banyak Bid`ah 2 nya.

 

 

Saat aku duduk di bangku SMP punya cita-cita ingin menjadi pegawai negeri kelak aku besar nanti.aku ingin bekerja di kantor-kantor perusahaan yang valid.seperti kantor PLN ,TELKOM, BANK ,dan yang lainya.Tapi setelah ku pikir-pikir aku tak punya bakat untuk semua itu.Dan berubah lagi,aku ingin menjadi musisi(kurt kobain(Nirvana) lagi basicnya,,,huehuehue), belajar gitar dengan keras ,dan setelah ku ketahui  bahwa ada kitab yang menyatakan bahwa main gitar di haramkan lantaran dapat menumbuhkan kemunafikan dan sebagainya ,mulai sejak itu main gitar hanya sekedar hiburan.masih berat untuk meninggallkan musik,tapi itu dulu sekarang udah beda.Alhamdulillah gantung gitar dan insyaAllah tidak dengarkan musik.Amienn.

 

Saat aku di SMA aku pingin menjadi mubaligh(wuah sok banget..),aku ingin menjadi ustazd yang hanya mementingkan urusanUkhrawi , pergi ke pondok dengan berbekal pas pasan ,dan ternyata berteman dengan kawan kawan aktivis,Yah,.. selalu di ajak ke sekretariat HMI dan sering di ajak diskusi ,saat itu sekretariat HMI seperti rumahku juga kalau hari minggu,tidur ,makan,mandi,solat ,ngaji semua kulakukan disitu.Jadi pupus sudah harapan ingin jadi mubaligh itu, pemikiran yang mampu membuatku goyah "kaum muhajirin sama baiknya dengan kaum anshar " yang pernah di wejangkan oleh mbah yai.......! Pikiran berubah aku ingin menjadi pemikir religion  (cendekiawan islam) dikit 2 gaya gak papa lagi...hehhe..aku ingin seperi Alwi shihab, Quraisihab,Emha ainun nadjib(cak nun), dan yang lainya .Aku ingin membuat karya tulis ilmiah tentang islam(wueeeeeks ngggak usah sirik,,ini page2 ku sendiri,,kalo nggak suka ,bikin aja page sendiri,,,hehe).Tapi setelah lama-lama setelah menekuni bidang ini , tergoda pada sastrawan asing(kayak sarimi aja...tergoda euy,,,,). aku jadi senang membaca karya -karya asing,seperti punya william shakspear, abraham lincoln,anymous ,william arthur,sydney j haris, carl sardburg dan masih banyak lagi(baca doank kok,,ngerti juga kagak artinya,,,wuih....!  biarin...).

 

Sekarang aku ingin jadi diriku sendiri(loper_kor4n aja...!),aku tak ingin punya cita-cita yang tinggi,karena aku punya batas-batas tertentu,Pengen jadi makhluk yang bernilai saja dimata Allah.cita-cita itu hanya akan membuatku bermimpi.aku akan tunjukkan inilah aku .......?,bukan aku ingin seperti orang itu.

 

5. Hoby dan kesenangan

 

Seperti halnya cita-cita hoby pun aku suka ber ganti -ganti.Ya mungkin itu merupakan pencerminan dari watak kali yach...??aku hanyalah manusia yang belum bisa memegang teguh pada pada pendirianku secara utuh,.....Terkadang aku masih diliputi oleh nafsu keduniawian yang kadang membuatku terkekang di dalamnya.

 

Saat kecil hoby adalah main bola ,waktu bermainku aku habiskan untuk main bola.tak kenal panas dengan teriknya, hujan dengan lebatnya ,atau angin dengan kencangnya tak tahu hari telah senja,bahkan malam hari pun saya sempat bermain bola(biarin dibilang gila bola,,asal nggak lupa solat dan ngaji....).sampai SMP,STM masih senang main bola tapi hanya di sekolahan,dan di pondok pun saya masih sempat main bola.Sebenarnya sekarang pun masih suka main bola hehehe ..tapi kayaknya akan lebih baik dan menarik  permainan bola yg untuk orang dewasa deh hehehe,ya doakan saja semoga cepat bisa menuju kesana.

.

Beranjak remaja lebih suka membaca karya ilmiah dan bermain gitar,karena saat itu saya mulai suka dengan buku-buku mancanegara ataupun musiknya.buku buku yang pernah saya baca dari karya-karya :siney j. hariss,william arthur ward,anymous,eric hoffer,paul j meyer,john fowles,bob kall,jacob riss,harry kamelman,robert conklin,joseph a kenedy,marguerite yourcenar,carl sandburg.dan howard withman, suka memainkan gitar tepatnya disaat tiada kawan dan keadaan telah sepi(tengah malam) dimana saya bisa menuangkan atas beban yang ku bawa atau kepenatan di hari itu.Tapi sekarang dah pensiun.InsyaAllah.!!!

 

 

Tidak akan pernah ada habisnya bila aku memasukkan data-data tentang kehidupanku .(siapa pula yang pengen tau tentang mu loper..elek?  sok u now sekali...hehehhe)

 

 

Okey pembaca !!!untuk sementara sampe disini dulu ceritanya ,jika ada kesempatan panjang mungkin aku akan tumpahkan(tumpahkan aja sendiri..) cerita dan pengalaman -pengalaman ku.

 

Akhirul kalam,....Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

                       Sono toki: Nagasaki, 1 Juli 2003

                                    "Mifty"

Jika anda melihat kebenaran didalamnya, maka pujilah Allah tabaraka wata`ala dan jika anda mendapati kebalikanya ,saya  berharap anda berkenan menegur saya,serta berikanlah doŽa kebaikan untuk saya, semoga Allah meluruskan kesalahan saya dan mengampuni keteledoran saya... !!
kritik + saran: loper_kor4n@yahoo.com  Last update ,25 november 2010
Terhitung sejak,16 April 2005 anda pengunjung yang ke: